Wednesday, July 11, 2018

Tips Memilih Make Up dan Skin Care Untuk Pemula


          Hi guys! Di unggahan pertama ini aku pengen sharing sama temen-temen semua bagaimana cara memilih make up dan skin care bagi pemula berdasarkan pengalaman aku. Buat para wanita pasti udah gak asing ya sama yang namanya makeup dan skin care, seiring berjalannya waktu dengan kecanggihan teknologi, makeup dan skin care mulai banyak berkembang dan banyak sekali variasinya bahkan disesuaikan dengan jenis kulit penggunanya. Kalian para cewe yang mulai menginjak remaja pasti biasanya mulai penasaran dengan makeup dan skin care, tapi gak jarang kurang memperhatikan beberapa hal sehingga kebanyakan asal pakai, yang penting murah dan kemasannya lucu, alhasil berakhir dengan jerawatan, benar kan?
            Nah hal apa aja sih yang perlu diperhatikan sebelum kamu membeli skin care atau makeup?

1    Kenali kulitmu
Ini adalah hal utama yang harus temen-temen perhatikan, kebanyakan dari mereka yang baru pertama kali mencoba makeup kurang memperhatikan jenis kulit mereka sendiri. Kulit manusia sendiri secara umum terdiri dari 3 jenis, berminyak, kering, dan kombinasi. Semua jenis tersebut tentunya memerlukan perawatan yang berbeda beda, supaya gak timbul masalah kulit. Selain itu, kalian juga harus tau tone atau warna dari kulit kalian, apakah cenderung ke cool tone (warna urat nadi biru keunguan, kulit cederung lebih match menggunakan warna silver, biru, pink), warm tone (warna urat nadi hijau, kulit cenderung lebih match menggunakan warna kuning, orange, gold), atau neutral tone (kulit match ke semua warna). Nah kalau kulit kamu termasuk yang mana?

2    Pilih produk yang tepat
Setelah kamu tahu jenis kulit kamu termasuk yang mana, selanjutnya kamu tinggal menyesuaikan produk yang akan kamu pakai. Untuk kulit berminyak kamu bisa pilih produk dengan klaim ‘matte’ ; ‘for oily skin/for normal to oily’ atau ‘for all skin types’, untuk kulit kering kamu bisa pilih produk dengan klaim ‘dewy’ ; ‘for dry skin/for normal to dry’ atau ‘for all skin types’. Untuk kulit normal kamu bisa pilih produk dengan klaim ‘for all skin types’ atau ‘normal skin’. Selain itu, untuk makeup kamu harus tau juga shade atau warna yang cocok untuk kulit kamu, untuk foundation, bb cream dan alas bedak lainnya pilihlah warna yang sama dengan warna kulit atau 1 tingkat lebih cerah dengan warna kulit, kecuali kalau kamu lebih suka warna dengan kesan tan atau kecoklatan.

3    Belilah produk sesuai kebutuhan
Naaaaah, point ke-3 ini nih yang sering banget kejadian ‘kalap beli banyak produk karena kemasan lucu padahal gak butuh-butuh banget’ bahkan aku sendiri dulu mengalami itu guys pas awal banget pengen ber-makeup jaman kuliah semester 3, masuk ke counter makeup liat produk-produknya “wiiiiiihhh lucu-lucu bangeeeeet” akhirnya beli banyak produk dan malah banyak yang gak kepake, sayang banget kaaan. Aku kasih saran ya, untuk pemula sebaiknya kamu cukup membeli makeup/skin care yang paling dasar dan ringan dulu. Untuk makeup misalnya bedak tabur, lipstick/lip tint, BB/CC/DD cream. Untuk mascara, eye shadow, pensil alis, eyeliner dan blush on, aku rasa mereka optional aja, kecuali kalau kamu lebih suka dandan lengkap, all back to you guys! Untuk skincare, produk basic yang biasa digunakan adalah milk cleanser/micellar water, toner, pelembab, krim siang & malam, lip balm, masker dan facial wash, itu sudah lebih dari cukup bagi pemula. Kalau kamu ingin perawatan lebih, usahakan cari tahu dulu tentang produk yang akan kamu gunakan, jangan sampai salah ya, karena faktor utama dari kebanyakan masalah kulit disebabkan oleh kurangnya wawasan tentang jenis kulit yang dimiliki dan produk yang harus digunakan. Segitu dulu ya tips singkat dari aku, semoga bisa bermanfaat 😉

16 comments:

  1. wah makasih banyak tipsnya.. membantu banget, iya nih kadang aku suka ngerasa salah beli gitu kalo beli make up atau skin care karena dulu nggak merhatiin tips-tipsnya

    ReplyDelete
  2. Tipsnya membantu banget! Wajib dicoba tips-nya biar ga salah beli lagi hehe
    Makasih banyak tips-nya💕

    ReplyDelete
  3. Nice tips, biar gk bingung bingung lg cara milih make up...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, teh. Tips nya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  5. Bener banget, harus beli makeup sesuai kebutuhan biar gak banyak barang yg gak kepake :)

    ReplyDelete
  6. Bener banget beli makeu sesuai kebutuhan jangan sampe laper mata tp penyakit cewe ya laper mata terus

    ReplyDelete
  7. No 3 aku sering banget kaya gitu, beli karna packagingnya gemes ��

    ReplyDelete